1.
Pernyataan
yang tepat mengenai mesin 4 Tak dan mesin 2 Tak adalah......
|
|
Mesin 4 Tak
|
Mesin 2 Tak
|
|
a.
|
Ada katup
dan mekanisme katup
|
Tidak ada
katup dan mekanisme katup
|
|
b.
|
Tidak ada
katup dan mekanisme katup
|
Ada katup
dan mekanisme katup
|
|
c.
|
Tidak ada
katup dan mekanisme katup
|
Tidak ada
katup dan mekanisme katup
|
|
d.
|
Ada katup
dan mekanisme katup
|
Ada katup
dan mekanisme katup
|
|
e.
|
Ada katup
namun tidak ada mekanisme katup
|
Tidak ada
katup namun ada mekanisme katup
|
2.
Komponen
yang tidak terletak pada kepala silinder adalah..
a.
Rocker
Arm
b.
Camshaft
c.
Crank
shaft
d.
Spring
compression
e.
Valve
rocker shaft
3.
komponen
mesin yang berfungsi mencampur bahan bakar dan udara adalah
a.
karburator
b.
katub
c.
noken
as
d.
poros
engkol
e.
ruang
bakar
4.
pada saat
langkah hisap, posisi katup masuk dan buang adalah
a. katup masuk membuka, katup buang menutup
b. katup masuk menutup, katup buang menutup
c. katup masuk menutup, katup buang membuka
d. katup buang membuka, karup masuk menutup
e. katup buang menutup, karup masuk
menutup
5. komponen mesin yang berfungsi memercikan bunga api
adalah
a. busi
b. karburator
c. motor stater
d. distributor
e. coil
6. berapakah jumlah sylinder pada mobil L 300
a. 2 silinder
b. 3 silinder
c. 4 silinder
d. 5 silinder
e. 6 silinder
7. komponen berikut terdapat pada mesin diesel,
kecuali
a. karburator
b. head sylinder
c. poros engkol
d. radiator
e. injeksi pomp
8. Pada saat langkah buang, posisi piston adalah
a. Dari TMA menuju TMB
b. DI TMB
c. Di TMA
d. Dari TMB menuju TMA
e. Berada diantara TMB dan TMA
9. Ada berapa jenis mesin menurut langkah
kerjanya
a. 1 jenis
b. 2 jenis
c. 3 jenis
d. 4 jenis
e. 5 jenis
10. Urutan langkah kerja mesin yang tepat adalah
a. Isap, usaha, kompresi, buang
b. kompresi, isap, usaha, buang
c. Isap, buang, kompresi, usaha
d. Isap, kompresi, buang, usaha
e. Isap, kompresi, usaha, buang
11. Berikut ini adalah syarat terjadinya pembakaran
yang sempurna pada motor bensin, kecuali
a. Bahan bakar
b. Campuran bahan bakar dan udara
c. Kompresi
d. Percikan bunga api
e. Busi
12. Mobil model lama (mobil sistem
konvensional) masih menggunakan alat ini yaitu.....
a. Radiator
b. Alternator
c. Saringan udara
d. Karburator
e. Motor stater
13. Sifat-sifat
yang menonjol pada motor 2 Tak bensin
adalah, kecuali :
a.
Pendingin dengan udara
b.
Penyalaan dengan sistem pengapian
c.
Pembentukan campuran bahan bakar didalam
silinder
d.
Pelumasan silinder dengan campuran oli ke bahan
bakar
e.
Pengisian lewat saluran diatur oleh torak
14. Pembilasan
memanjang, memerlukan katup buang, pelumasan tekan, penyalaan dengan penyalaan
diri, pendingin dengan air pendingin, merupakan sifat-sifat yang menonjol dari
:
a. Motor
4 tak bensin
b. Motor
2 tak bensin
c. Motor
4 tak diesel
d. Motor
2 tak diesel
e. (a) dan (c) benar
15. Defenisi
motor 2 tak adalah :
a. Motor
yang memerlukan 2 kali putaran poros engkol untuk menghasilkan satu kali usaha
b. Motor
yang memerlukan satu kali langkah torak, untuk menghasilkan satu kali
usaha/kerja
c. Motor
yang memerlukan 2 kali langkah torak untuk menghasilkan 2 kali usaha/kerja
d. Motor
yang memerlukan 2 kali langkah torak, dua putaran poros engkol, untuk
menghasilkan satu kali usaha/kerja
e. Motor
yang memerlukan 2 kali langkah torak,satu putaran poros engkol, untuk
menghasilkan satu kali usaha/kerja
16. Definisi
motor 4 tak adalah :
a. Motor
yang membutuhkan 4 kali langkah torak, 2 kali putaran poros engkol, untuk
menghasilkan satu kali usaha
b. Motor
yang membutuhkan 4 kali langkah torak, 4 kali putaran poros engkol, untuk
menghasilkan satu kali usaha
c. Motor
yang membutuhkan 4 kali langkah torak, 4 kali putaran poros engkol, untuk
menghasilkan satu kali usaha
d. Motor
yang membutuhkan 2 kali langkah torak, 2 kali putaran poros engkol, untuk
menghasilkan dua kali usaha
e. Motor
yang membutuhkan 2 kali langkah torak, 4 kali putaran poros engkol, untuk
menghasilkan satu kali usaha
17. Pemasukan
gas baru ke dalam silinder melalui katup hisap dalam proses motor 4 tak adalah langkah..
a. Pengisian
b. Kompresi
c. Usaha
d. Buang
e. Pembakaran
18. Pengertian
langkah usaha dalam proses motor 4 tak adalah :
a. Pembuangan
gas bekas dari dalam silinder, melalui katup buang
b. Tekanan
hasil pembakaran mendorong torak turun, katup hisap dan katub buang tertutup
c. Tekanan
hasil pembakaran mendorong torak naik, katup hisap dan katub buang tertutup
d. Tekanan
hasil pembakaran mendorong torak turun, katup hisap tertutup dan katub buang
terbuka
e. Tekanan
hasil pembakaran mendorong torak turun, katup hisap dan katub buang terbuka
19. Memperkecil
gesekan sehingga memperkecil keausan, mendinginkan komponen dengan cara
menghanyutkan panas, adalah merupakan kegunaan dari :
a. Pengapian
b. Radiator
c. Bahan
bakar
d. Ring
piston
e. Pelumasan
20. Salah
satu keunggulan mesin 4 Tak adalah...
a. Engine
brake lebih besar
b. Konstruksinya
lebih rumit
c. Akselerasi
lebih lambat jangka waktu overhaul
lebih cepat
d. Sistem
pelumas kurang sempurna
e. Boros
pemakaian minyak pelumas
21. Yang
bukan komponen sistem bahan bakar adalah...
a. Tangki
b. choke
c. Saringan
bensin
d. Saringan
udara
e. Karburator
22. Untuk
memperkaya campuran bensin dan udara pada saat mesin dalam keadaan dingin
adalah fung si dari...
a. Spuyer
utama
b. Rumah
pelampung
c. Choke
d. Membran
e. Jarum
skep
23. Jumlah
silinder dari suatu motor bakar terdiri
dari, kecuali.....
a. Silinder
tunggal
b. Silinder
ganda
c. Silinder
biasa
d. Tiga
silinder
e. Empat
silinder
24. Untuk
motor – motor yang mempunyai dua silinder atau lebih dapat tersusun sebagai
berikut, kecuali....
a. Satu
baris silinder
b. Silinder
berlawanan
c. Silinder
radial
d. Silinder
tiga
e. Silinder
bentuk (P)
25. Noken
As di tempatkan diatas Kepala Silinder dan noken As langsung menggerakkan roker
arm tanpa melalui liter dan push-rod, adalah mekanisme katup jenis.....
a. OHP
b. OHC
c. DOHC
d. OHV
e. DOHV
26. Mesin yang di dinginkan dengan air
biasanya menggunakan....
a. Radiator
b. Pompa
c. Reservoir
d. Air
Conditioner
e.
Cool Pad
27. Tempat
untuk berlangsung nya proses atau siklus dari motor adalah...
a. Silinder
b. Torak
c. Poros
engkol
d. Katup
e. Ruang
engkol
28. Urutan
penyalaan untuk motor 4 silinder
adalah....
a. 1-2-4-3
b. 1-4-2-3
c. 1-3-4-2
d. 1-2-3-4
e. 4-3-2-1
29. Untuk
mengubah gerak bolak balik menjadi gerak isap dan tekan, juga sebaliknya untuk
mengubah tekanan pembakaran menjadi tenaga mekanik, adalah.....
a. Silinder
b. Torak
c. Poros
engkol
d. Ruang
engkol
e. Pena
engko
30. Langkah kerja motor 4 Tak sebanyak......
a. 45°
b. 90°
c. 180°
d. 270°
e. 360°
Tidak ada komentar:
Posting Komentar