SOAL MID SEMESTER GANJIL
TAHUN 2015 – 2016
MATA PELAJARAN : PDTO
KELAS : X TKR
GURU : SODIKIN
A.
SOAL
1. Apakah
hal – hal penting yang perlu diperhatikan dalam perencanaan poros….(10)
2. Bagaimana
membedakan antara kopling kaku, kopling luwes, dan kopling universal…(20)
3. Jelaskan
fungsi dari….(20)
a. kopling
tetap
b. kopling
tak tetap
c. rem
4. sebutkan
6 hal – hal penting yang menjadi pertimbangan dalam perencanaan kopling tetap….(15)
5. sebutkan
4 macam kopling tak tetap…..(10)
6. sebutkan
3 macam poros……(10)
7. sebutkan
5 macam kopling luwes….(10)
8. kopling
yang meneruskan momen dengan kontak positif (tidak dengan perantara gesekan)
hingga tidak dapat slip adalah kopling….. (5)
B.
JAWABAN
1. *kekakuan
poros,
*putaran kritis,
*korosi,
*bahan poros
*kekakuan poros,
2. kopling
kaku : kopling yang tidak mengizinkan ketidak lurusan kedua sumbu poros
koping luwes : kopling yang
mengizinkan sedikit ketidak lurusan sumbu poros
kopling universal : kopling
yang digunakan bila kedua poros akan membentuk sudut yang cukup besar
3. kopling
tetap : sebagai penerus putaran dan daya dari poros penggerak ke poros
yang digerakkan secara pasti tanpa
terjadi slip.
kopling tak tetap : sebagai
penghubung poros yang digerakkan dan poros penggerak
rem : untuk menghentikan
putaran suatu poros dengan perantara gesekan
4. *pemasangan
yang mudah dan cepat
*ringkas dan ringan
*aman pada putaran tinggi
*tidak ada atau sedikit mungkin
bagian yang menonjol
*dapatmencegah pembebana lebih
*terdapat
sedikit kemungkinan gerakan aksial , pada poros sekiranya terjadi pemuaian
karena panas
5. *kopling
cakar
*kopling plat
*kopling kerucut
*kopling Friwel
6. *poros
transmisi
*poros spindle
*poros gandar
7. *kopling
flenluwes
*kopling kert bintang
*kopling karet ban
*kopling gigi
*kopling rantai
8. kopling
plat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar